May 19, 2011

PASIS, Pasukan Inti Siswa

assalamualaikum.wr.wb

akhirnya saya kembali menulis..
sebenarnya saya sudah ingin menulis sejak 4-5hari yang lalu.
tapi malah bingung sendiri apa yang akan ditulis.
berhubung ada kejadian di hari jumat ini yang membuat saya kangen PASIS.
mari saya jelaskan dan ceritakan apa itu PASIS.
semoga kalian berkenan..


akan saya sangat maklumi jika banyak yang tidak mengetahui PASIS.
ada beberapa organisasi juga yang mungkin menggunakan singkatan PASIS.
PASIS disini adalah kepanjangan dari Pasukan Inti Siswa.
sesuai dengan judul posting ini.


Tidak banyak yang tahu dengan PASIS, kenapa? 
karena memang PASIS adalah eks-kul berbentuk organisasi yang hanya ada di 2sekolah.
SMA Negeri 2 B.Lampung (SMANDA) dan SMA Negeri 3 B.Lampung (SMANTA)
ya, hanya ada di 2 sekolah saja..


mungkin untuk memudahkan teman-teman untuk mengerti PASIS, coba ingat-ingat Paskibra.
memang ada sedikit kemiripan, PASIS juga mengajarkan ilmu kedisiplinan, manner dan prinsip hidup.
sedangkan paskibra ditambahkan dengan adanya materi baris-berbaris.
bisa dibilang PASIS fokus di softskill, atau kemampuan pengembangan diri.


PASIS itu didirikan oleh bang yos (yosrinaldo syarief) pada tanggal 5 Oktober 1997
sedikit info, bang yos sendiri adalah penggagas dan pendiri adanya Paskibra untuk provinsi Lampung.
jadi BY sudah mendirikan 2 organisasi.
sejarah kenapa BY mendirikan lagi sebuah organisasi yang namanya PASIS tidak akan kita bahas disini..


Bang Yos


BY sudah seperti role model yang hebat bagi saya.
banyak orang yang sangat saya contoh cara hidupnya.
dan salah satunya adalah beliau. (thanks a lot bang)


oke, mari kita mulai bercerita.
ketertarikan saya untuk masuk PASIS adalah saat saya mendaftar tes masuk ke SMANDA
saat itu saya melihat anak-anak PASIS dengan baju PDH (pakaian dinas harian) mereka.
entah kenapa saya sangat tertarik untuk mengenakan baju itu 
(yang pengorbanan untuk mendapatkannya luarbiasa)
penuh wibawa, penuh kebanggaan seperti seorang yang sangat hebat.


setelah saya lulus dan masuk ke SMANDA.
akhirnya saya mendaftar untuk masuk PASIS.
dan ini menjadi satu-satunya kegiatan yang saya ikuti selama 3 tahun di SMANDA.


akhirnya saya masuk di organisasi ini. (betapa beruntung nya saya, saya sangat bersyukur karena ini)
ada 3 tingkatan di PASIS. pertama adalah CARAKA, kedua adalah CAKSA dan yang terakhir adalah WISESA.
masing-masing adalah urutan dari kelas X sampai XII.
Caraka sendiri artinya adalah utusan.
Caksa mengambil dari kata Wicaksana yang artinya bijaksana.
Wisesa artinya adalah penguasa.


3 tahapan itu harus dilalui dari awal hingga akhir.
tidak ada yang dari tengah, atau akhir saja. semua proses harus dijalani.
sedikit pengecualian bagi siswa pindahan yang ingin mendaftar, bisa masuk dengan status anggota luarbiasa.
pembeda bagi 3 tingkatan itu adalah warna pin yang dipasang di kerah mereka.
Caraka berwaran putih, Caksa biru dan Wisesa adalah merah.
pin itu akan kembali berubah jika menjadi alumni, yaitu warna kuning.
alumni PASIS tergabung dalam KAAP (Korps Alumni Anggota Pasis)


Logo PASIS

wah, sudah panjang juga yang saya ketik.
PASIS ada pendidikan asrama nya.
selama 1 minggu, dengan konsep seperti paskibra.
dengan nama 'Asrama Desa Bahagia'. 1 minggu yang luar biasa.
saya sendiri belajar banyak di asrama. dari saya kelas 1 SMA sampai sekarang.
karena memang PASIS sangat dinamis dalam hal pendidikan.
tidak akan ragu mensadur ilmu baru yang memang baik dan bisa diberikan ke anggotanya.


3 tahun pendidikan menjadi ikatan tersendiri.
ikatan yang sangat kuat, walaupun terpisah, rasa rindu untuk kembali selalu ada.
sejauh-jauh nya kami melangkah, pasti kami ingin kembali kesana.
kenapa?
karena kami sudah meletakkan PASIS di tempat yang tersendiri di hati kami.
Pecahan hati kami sudah ada disana sejak dulu, tumbuh dan berkembang.
mungkin ini yang dulu dimaksudkan dengan senior saya kalau
'Bukan PASIS yang membutuhkan kalian, tapi kalian yang membutuhkan PASIS'
ya, PASIS sudah seperti kebutuhan yang harus dipenuhi oleh saya dan rekan-rekan lainnya.


mungkin saya akan melanjutkan tulisan saya di posting selanjutnya.
terlalu panjang memang. lain kali akan saya ceritakan beberapa kenangan saya di PASIS.. :')


ada video yang sangat bagus dari junior saya.
angkatan 2008 Dahsyat!!
(saya sendiri adalah angkatan 2007 Tangguh!!)

silahkan dinikmati..
video yang buat saya kangen dan menulis postingan ini :')




PASIS tetap Jaya..!!
We're Band of Brothers..


-Best Regards!!-

No comments:

Post a Comment